Hermantos Share

Berbagi semua tips atau cara yang ada dalam satu blog hermantos share. Everything is there. Let's get it.

Mempercantik Tampilan Desktop Linux Ubuntu 12.04

Linux Ubuntu 12.04
Mempercantik Tampilan Desktop Linux Ubuntu 12.04 - Linux adalah sebuah program open source yang tak berbayar alias gratis yang berada dibawah lisensi GNU, Sistem Operasi 32-64 bit yang merupakan turunan dari Unix dan dapat dijalankan diberbagai platform komputer atau perangkat keras. Salah satu yang membuat sistem operasi Linux sangat terkenal adalah Gratis tanpa bayar dan bisa didownload di website dan situs penyedia download yang memuat Linux ini sendiri. Linux sendiri dapat diubah sesuai yang kita inginkan dan dapat kita jadikan sebagai server yang cukup handal. Berbicara masalah mengubah, kali ini bersangkutan dengan tampilan desktop dari Linux ubuntu 12.04 yang akan kita ubah dengan cara dibawah ini agar lebih berbeda dan memiliki daya tarik yang tinggi bagi penggunanya dan agar tidak merasa bosan dengan tampilan sederhana dan default dari pertama kita melakukan instalasi. Kalau gitu langsung saja ke cara-caranya.

Cara Mempercantik Tampilan Desktop Linux Ubuntu 12.04

Berikut ini adalah tampilan sebelum kita merubahnya menjadi tampilan awal atau bisa dibilang tampilan ini adalah tampilan default dari Linux Ubuntu 12.04.
Desktop Standar Linux Ubuntu 12.04
  • Langkah pertama dalam merubahnya adalah kita harus menginstal sebuah aplikasi pendukung yang dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama dengan menggunakan terminal dan cara kedua dengan membuka Ubuntu One Store. Dibawah ini adalah cara dengan menggunakan terminal. Buka terminal atau tekan CTRL+T.
  • Selanjutnya ketikkan perintah diterminal untuk menginstal aplikasi compizconfig-setting-manager seperti dibawah ini :
sudo apt-get install compizconfig-settings-manager
  • Setelah itu, kita instal kembali cairo-dock dengan cara ketikkan perintah dibawah ini ke terminal dari Linux :
sudo apt-get install cairo-dock
  • Jika sudah selesai semua instalasi, selanjutnya logout komputer atau laptop yang temen-temen pakai. Selanjutnya masuk kembali namun untuk masuk temen-temen harus mengganti terlebih dahulu aturan dengan cara klik logo ubuntu yang ada di kotak login > pilih Cairo-Dock (GNOME + Effect) dan enter.
  • Kemudian masuk dengan akun temen-temen dan lihat hasilnya. Jika berhasil maka tampilan akan terlihat seperti dibawah ini 
Tampilan Desktop Cairo-Dock Linux Ubuntu 12.04
Demikianlah Tips Linux | Mempercantik Tampilan Desktop Linux Ubuntu 12.04. Semoga membantu temen-temen dalam mengubah kebosanan karena terlalu sering melihat tampilan standar dari Ubuntu sendiri. Haha, akhir kata Selamat mencoba dan semoga berhasil.

9 Komentar untuk "Mempercantik Tampilan Desktop Linux Ubuntu 12.04"

thanks info nya, jadinya keren linux ane. thanks

sama sama mas. selamat menikmati tampilan barunya .

Terima kasih atas informasinya, ini sangat membantu :)

Sama-sama gan. terima kasih sudah berkunjung . :)

Pake Internet gx buat bikin linuxnya biar kya gtu?

pake mas. soalnya buat download compiz sama cairo dock

masbro..kok aq udh coba ngga bs ya lwt terminal..apa harus ubuntu versi tertentu?

Punya sampean versi berapa ?
dan nggk bisanya kayak apa ?