Hermantos Share

Berbagi semua tips atau cara yang ada dalam satu blog hermantos share. Everything is there. Let's get it.

Cara Membuat Kandang Bebek Yang Baik

Kandang Bebek
Cara Membuat Kandang Bebek Yang Baik - Kandang adalah salah satu tempat tinggal untuk hewan baik itu hewan ternak maupun hewan peliharaan. Kandang yang akan dibahas kali ini adalah kandang bebek dimana kandang ini memperngaruhi juga untuk si bebek hidup. Kandang bebek yang baik akan menghasilkan bebek yang baik juga. Berikut ini adalah bahasan mengenai cara pembuatan kandang bebek yang baik itu seperti apa. Ada tiga jenis kandang bebek yaitu :
  • Kandang Bebek Dara.
  • Kandang Bebek yang siap bertelur.
  • Kandang untuk anakan bebek (DOD).
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang bebek, yaitu :
  • Untuk kandang bebek yang baik tidak perlu harus sama dengan yang gamabar yang diatas.
  • Dalam pembuatannya disesuaikan dengan luas tanah dan menyesuaikan dengan bangunan yang telah ada.
Namun yang benar-benar perlu diperhatikan dalam pembuatannya itu adalah sebagai berikut :
  1. Dalam pembuatannya kandang yang relatif nyaman untuk si bebek juga diperlukan yaitu lantai permukaan pada kandang harus rata dan kering, dinding kandang juga harus bisa melindungi bebek dari hewan lainnya yang ditakuti seperti anjing dan dinding kandang juga harus bisa memperlancar sirkulasi udara serta atap kandang harus bisa melindungi bebek dari panas matahari dan hujan dan juga tinggi kandang harus nyaman dan juga memudahkan kita untuk selalu merawat bebek peliharaan atau ternak.
  2. Untuk suhu yang ada didalam kandang juga perlu diperhatikan tidak panas dan tidak dingin sekitar 27 - 30 derajat celcius. Caranya dapat dilakukan dengan membuat kandang bebek membujur kearah timur-barat.
  3. Selanjutnya adalah mengenai ruang yang cukup untuk pergerakan bebek. Hal ini dikarenakan bebek mempunyai kebiasaan makan dan minum secara bergantian sehingga perlu ruang untuk bergerak si bebek yang cukup yaitu tidak terlalu sempit ataupun tidak terlalu besar.
  4. Sirkulasi udara yang ada dikandang juga harus lancar sehingga kandang tidak lembab atau bisa lebih kering. Selain itu sinar matahari dan juga sirkulasi udara yang lancar.
  5. Kandang juga harus memiliki penerangan yang cukup untuk si bebek. Hal ini diperlukan untuk menerangi bebek agar tidak ketakukan dan mengalami stress.
  6. Sebelum bebek masuk kendangnya kembali, kandang sudah harus dalam keadaan telah dibersihkan. Untuk pembersihannya bisa melakukan penyemprotan desinfektan, pengapuran dan lain-lain agar bebek dapat terhindar dari penyakit.
  7. Kandang juga harus dibuat tinggi sekitar 2-3 meter agar peternak yang berwenang mengurusi bebek dapat berdiri dengan nyaman. Selain itu dapat juga memperlancar sirkulasi udara yang masuk.
Itulah sedikit tips mengenai Cara Membuat Kandang Bebek Yang Baik. Diharapkan agar dapat membantu para peternak yang ingin berternak bebek. Semoga bermanfaat dan berguna. Selamat beternak bebek semoga berhasil. Terima kasih . GSQBYHDASYMV

0 Komentar untuk "Cara Membuat Kandang Bebek Yang Baik"