Hermantos Share

Berbagi semua tips atau cara yang ada dalam satu blog hermantos share. Everything is there. Let's get it.

PMB Universitas Islam Indonesia Tahun Ajaran 2014/2105 Jalur CBT

PMB UII 2014/2015
PMB UII Tahun Ajaran 2014/2105 Jalur CBT - UII atau Universitas Islam Indonesia adalah merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang banyak diminati dan dipopulerkan oleh banyak calon mahasiswa sebagai penerus bangsa. UII ini memiliki banyak prestasi yang telah dicapai dan memiliki lahan yang luas dalam kampusnya dan memiliki beberapa fakultas sendiri yang tersebar di kota Yogyakarta. Setelah ujian nasional yang dilakukan para siswa-siswi SMA dari berbagai penjuru pulau, peminat yang ingin masuk ke Universitas ini perlu bekerja keras dan berusaha sungguh-sungguh karena banyaknya persaingan dari berbagai macam daerah. Di UII ini sendiri telah membuka pendaftaran mahasiswa baru TA 2014/2015 dengan program atau jalur CBT.

Apa itu CBT ?

Untuk temen-temen calon mahasiswa, bagi yang ingin mendaftarkan diri menjadi mahasiswa/i dapat melakukan pendaftaran melalui jalur tes CBT ini yang sudah dibuka oleh pihak pengurus dari UII. CBT (Computer Based Test) adalah salah satu pola seleksi melalui Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) yang diselenggarakan dengan menggunakan komputer. Pada jalur ini, calon pendaftar dapat memilih 2 prodi yang diminatinya. Dalam test ini sifatnya adalah menggunakan komputer dimana ketika temen-temen melakukan test dan telah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dapat langsung melihat hasilnya apakah temen-temen diterima di UII dengan prodi yang dipilih atau sebaliknya. Untuk pendaftar yang dinyatakan diterima atau lolos dalam seleksi ini harus melakukan registrasi awal dan registrasi akhir pada jadwal dan prosedur registrasi yang dapat dilihat di website resmi UII atau dapat juga melalui link berikut ini ;

Jadwal untuk CBT :

  • CBT dikampus UII dilaksanakan mulai 18 November 2013 - 23 Agustus 2014 setiap hari senin - sabtu jam 08.00 - 14.00 (kecuali hari libur) di gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Lantai 1 Kampus terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, Km. 14,5 Sleman Yogyakarta. Pendaftaran dapat dilakukan melalui beberapa Bank yang tersedia digedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII).
  • CBT diluar kampus UII informasinya dapat dilihat pada link berikut ini. Pendaftaran dapat dilakukan dilokasi penyelenggara CBT diluar kampus UII.

Biaya Pendaftaran :

  • CBT untuk Strata-1 (S1) > untuk pendaftar yang melakukan ujian CBT dikampus UII dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000, sedangkan bagi pendaftar yang melakukan ujian CBT diluar kampus UII dikenakan biaya sebesar Rp. 225.000.
  • CBT untuk Diploma-3 (D3) > pendaftar yang melakukan ujian atau test di kampus UII dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000, sedangkan untuk biaya pendaftaran test diluar kampus UII akan dikenakan biaya sebesar Rp. 200.000. Selain itu, pendaftar mahasiswa yang memilih program studi di Strata-1 dan Diploma-3 (pilihan ganda) dikenakan biaya CBT jenjang Strata 1 Rp. 200.000.

Prosedur dan Syarat CBT :

  1. Membayar biaya pendaftaran ke Bank atau kepada petugas dilokasi penyelenggaraan CBT.
  2. Menyerahkan syarat pendaftaran kepada petugas CBT berupa : Fotocopy surat tanda lulus sekolah atau menyerahkan fotocopy rapor semerster 4 dan 5 bagi siswa kelas XII untuk tahun ajaran 2013/2014, Fotocopy surat tanda pengenal diri yaitu : Kartu siswa atau Kartu Tanda Penduduk atau Surat Ijin Mengemudi atau Surat keterangan pelajar dari kepala sekolah, slip pembayaran CBT, pas foto berwarna terbaru 3x4 cm sebanyak 2 lembar, khusus pendaftar di International Program harus menampilkan hasil uji kecakapan bahasa inggris berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan score minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4,5 untuk IELTS.
  3. Melakukan pengisian data (key-in) diruang komputer CBT.
  4. Mengerjakan soal di ruang komputer CBT dalam waktu 100 menit.
  5. Menerima hasil CBT dari petugas.
Untuk memperjelas lagi, perhatikan gambar dibawah ini :
Prosedur CBT UII
Demikianlah informasi mengenai PMB Universitas Islam Indonesia Tahun Ajaran 2014/2015 Jalur CBT. Semoga bermanfaat untuk temen-temen yang lagi membutuhkan informasi mengenai pmb di UII. Selamat mendaftar dan semoga sukses menjadi mahasiswa di UII. Terima kasih.

Baca Juga : PMB UII Tahun Ajaran 2015/2016

5 Komentar untuk "PMB Universitas Islam Indonesia Tahun Ajaran 2014/2105 Jalur CBT"
This comment has been removed by the author. - Hapus

Assalamualaikum....mau nanya pak..pelaksanaan CBT 2015 untuk luar kampus UII, di SMAN 8 Pekanbaru kapan mulainya?

Terima kasih sudah berkunjung :)

Untuk informasi CBT di luar Kampus UII dilaksanakan mulai tanggal 5 Januari 2015 s/d 30 Juni 2015.Untuk lokasi penyelenggaraan bisa dilihat nanti di pmb.uii.ac.id. Biasanya untuk diluar kampus UII sediri dilaksanakan di masing-masing lokasi penyelenggara CBT di luar Kampus UII.

Untuk tepatnya jika di SMAN 8 Pekanbaru, sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada pihak sekolah sendiri apakah ada kerja sama dengan pihak CBT PMB UII 2015 ini.

Terima kasih . Semoga membantu :)

mantap gan :)

saya dari SMAN 8 Pekanbaru, sudah lama SMAN 8 pekanbaru dan UII menjalin kerjasama dalam pelaksanaan CBT, tapi tahun 2015 kami belum dapat informasi dari pihak UII, dengar kabar, UII menghubungi Saudara Ardi genta, teknisi SMAN 8 dulu, tapi sekarang pak Ardi Gentanya sudah tidak kerja di SMAN 8 lagi. boleh tidak minta no telp yang bisa dihubungi untuk bertanya mengenai kerjasama ini pak? terima kasih sebelumnya :)