Hermantos Share

Berbagi semua tips atau cara yang ada dalam satu blog hermantos share. Everything is there. Let's get it.

Cara Instalasi Panel Hosting Kloxo-mr di VPS Centos dengan Putty


Cara Instalasi Panel Hosting Kloxo-mr di VPS Centos dengan Putty - Panel hosting atau yang biasa disebut sebagai control panel lebih kerennya merupakan interface yang dapat diakses melalui web browser dimana kita sebagai user dapat melakukan berbagai macam kegiatan seperti halnya yaitu membuat account email, mengupload file website kita, menambah domain ataupun sub domain website dan lain-lainnya yang bisa anda pelajari di control panel masing-masing. Control panel yang akan dibahas dalam artikel hermantos kali ini adalah Panel Hosting Kloxo-mr.

Apa Itu Panel Hosting Kloxo-mr ?

Kloxo-mr merupakan panel hosting yang dikembangkan oleh orang indonesia yang merupakan hasil modifikasi dari kloxo official Bapak Mustofa Ramadhan yaitu seorang developer indonesia dimana panel hosting kloxo ini disediakan gratis oleh LxCenter sekaligus merupakan salah satu control panel yang banyak digunakan dan mudah dalam pengoperasiannya. Kloxo-mr ini dapat dipasang di VPS dengan sistem operasi server Centos. Kloxo-mr ini digunakan sebagai webserver untuk hosting disediakan secara gratis yang tidak kalah miripnya dengan panel hosting berbayar ataupun tidak.

Bagaiaman Cara Instalasi Kloxo-mr di VPS Centos ?

Berikut ini adalah langkah langkah instalasi kloxo-mr di VPS Centos 6 x86 dengan server VPS yang dipakai adalah Chicagovps. Jika belum memiliki VPS hosting server dapat membeli terlebih dahulu di sini atau dapat ditempat lainnya seperti Digital Ocean.
  • Langkah pertama adalah cek ip server vps anda masing-masing pada browser. Jika muncul Apache maka masih sebagai default dan belum terinstal.
  • Untuk mulai menginstal kita menggunakan putty. Buka putty dan isikan hostname dengan ip server vps anda dengan port 22 kemudian open.
  • Selanjutnya ketikkan perintah berikut ini untuk melakukan update pada server anda.
yum -y update
  • Tunggu proses hingga selesai. Setelah selesai yang kita lakukan adalah ketikkan perintah :
yum install yum-utils yum-priorities vim-minimal subversion culr zip unzip -y
  • Jika proses sudah selesai, kita lanjutkan mengetikkan perintah berikut ini :
yum install telnet -y
  • Setelah itu lanjutkan kembali dengan perintah :
- cd /etc
- ls
- cd yum.repos.d
- wget https://github.com/mustafaramadhan/kloxo/raw/release/kloxo-mr.repo --no-check-certificate
- cd /
- setenforce 0 => Jika sudah disable pada SELINUX
- yum install kloxomr -y
- sh /script/upcp
  • Sampai pada tahap ini tunggu hingga proses selesai. Proses tahap ini cukup memakan waktu yang lama namun bergantung pada VPS Server anda masing-masing.
  • Apa bila proses sudah selesai, maka akan muncul informasi mengenai cara bagaimana anda dapat mengakses server kloxo-mr yang sudah anda instal tadi seperti :
http://<ip-address-server>:7778 admin sebagai user dan admin sebagai password.
  • Setelah mencatat informasi yang ada maka selanjutnya ketikkan perintah :
sh /script/restart-all atau dengan reboot
  • Setelah itu akses dengan menggunakan http://<ip-address-server>:7778 dengan username dan password sebagai admin.
  • Untuk lebih jelasnya lihat video dibawah ini untuk proses lainnya ketika sudah masuk pada panel kloxo-mr agar lebih mudah.
Demikianlah tutorial Carainstalasi Panel Hosting Kloxo-mr di VPS Centos dengan Putty dari Hermantos Share. Semoga bermanfaat bagi anda masing-masing yang mempunya VPS namun bingun ingin menggunakan panel apa dan bagaimana saja proses instalasinya. Dengan panel kloxo-mr anda akan dengan mudah memngkasesnya dan memanager website anda. Terima kasih.


Untuk lebih mempermudah tutorial ini, mimin berikan link download untuk materinya dalam bentuk PDF yang bisa di download pada link dibawah ini. Terima kasih.
Download File PDF dari Cara Instalasi Panel Hosting Kloxo-mr di VPS Centos dengan Putty

 

Cara Instalasi Panel Hosting Kloxo-mr di VPS Centos dengan Putty

0 Komentar untuk "Cara Instalasi Panel Hosting Kloxo-mr di VPS Centos dengan Putty"