Hermantos Share

Berbagi semua tips atau cara yang ada dalam satu blog hermantos share. Everything is there. Let's get it.

Sekilas tentang iwak Lele

Ternak Lele
Sekilas Tentang Iwak Lele - Iwak lele atau ikan lele adalah spesies jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele adalah ikan dari keluarga Catfish yang memiliki banyak jenis yaitu diantaranya adalah Lele Lokal, Lele Dumbo, Lele Phyton, Lele Sangkurian dan masih banyak lainnya. Ikan ini banyak tersebar diseluruh perairan tawar yang ada di Indonesia. Ikan yang memiliki tubuh licin, berkumis, betuk tubuh pipih membuat ikan ini terkenal karena dapat dengan mudah dikenali. Ciri-ciri lain dari ikan lele ini adalah memiliki sirip yang bberada dipunggungnya dan sirip anusnya yang panjang yang terkadang terlihat sekilas menyatu dengan sirip ekornya. Dilihat dari segi kepala, ikan ini memiliki kepala yang keras karena tulang yang ada diatasnya. Selain itu, ikan lele memiliki mata yang kecil dan mulut yang besar sekali untuk menangkap makanannya dengan dilengkapi kumis khas dari ikan ini untuk dijadikan sebagai alat indera peraba (barbels). Kumis khasnya yang dimiliki ikan lele sangat berguna yaitu ketika berada diperairan yang gelap. Alat pernapasan dari lele ini adalah tambahan berupa perubahan dari busur yang ada diinsangnya. Selain itu, ikan ini juga memiliki sepasang patil yaitu tulang duri tajam yang terletak di bagian sirip-sirip dadanya. Lele sendiri memiliki banyak spesies (jenis) dimana paling sedikit jenis ikan ini ada 55 spesies yang ada diseluruh dunia. Ikan lele juga memiliki nama ilmiah yaitu Clarias yang berasala dari bahasa Yunani yaitu charlos yang berarti lincah, kuat, yang pastinya merujuk pada kemampuannya bergerak diluar air. Diberbagai belahan dunia, khususnya indonesia, ikan lele memiliki nama-nama daerah yang beragam pula dari spesiesnya. Berikut ini adalah nama ikan lele menurut daerah sebutannya, yaitu antara lain :
  • Ikan Kalang (Sumatera Barat)
  • Ikan Maut (Gayo dan Aceh)
  • Ikan Kalang Putih (Padang)
  • Ikan Duri (Sumetra Selatan)
  • Ikan Sibakut (Karo)
  • Ikan Pintet, Ikan Kaleh (Kalimantan Selatan)
  • Ikan Penang (Kalimantan Timur)
  • Ikan Lele, Wais, Lindi (Jawa Tengah)
Banyaknya spesies ini membuktikan bahwa ikan air tawar yang satu ini adalah salah satu ikan terpopuler di Indonesia. Ikan ini menjadi salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi oleh konsumen karena gurihnya daging ikan ini. Masakan dari ikan ini selalu menggugah selera makan. Ikan lele ini cocok dikonsumsi karena harganya yang relatif murah, banyak yang menyukainya. Peluang usaha untuk budidaya ikan ini sangay luas dan pastinya menjanjikan. Dengan bermodal sedikit, maka akan menghasilkan. Selain budidaya ikan ini, menjualnya dengan cara menghidangkannya dalam bentuk makanan juga menjanjikan karena cita rasa ikan ini sngat khas yang tentunya ikan lele yang dapat dikonsumsi. Sudah menjadi bukti bahwa ikan ini memiliki daya tarikyang tinggi terlihat dari berbagai jenis makanan seperti penyetan (masakan lamongan) yang menyediakan masakan dari ikan ini. Maka dari itu, bisnis ikan lele adalah bisnis yang menjanjikan. Ada keinginan dan niat untuk membudidayakan ikan ini adalah modal utamanyakarena budidaya ikan ini tidak mudah.

Demikian ulasan mengenai sekilas tentang iwak lele. Semoga artikel yang dibaca ini bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semua. Semoga bermanfaat dan Terima kasih .

0 Komentar untuk "Sekilas tentang iwak Lele"